7 Jenis dan Fungsi Sensor pada Mobil yang Wajib Anda Ketahui

sensor pada mobil

Juegosbam – Mobil memiliki banyak komponen listrik dan elektronik yang saling melengkapi seperti sensor, relay dan aktuator mesin. Sensor pada mobil memiliki fungsi sebagai alat untuk mendeteksi keadaan mesin dari mulai awal bukaan throttle gas, suhu mesin dan lain sebagainya. Lalu, apa saja jenis dan fungsi sensor mobil?

sensor pada mobil

1. Air Flow Meter Sensor

Sensor ini memiliki fungsi untuk mendeteksi aliran udara yang masuk ke dalam manifold. Sensor yang dilengkapi dengan return spring dan measuring plate ini juga memiliki fungsi untuk mendeteksi besar kecilnya udara.

2. Manifold Absolute Pressure Sensor

Sensor ini memiliki fungsi untuk mengatur dan menghitung tekanan udara didalam intake dan output manifold.  Sensor ini akan menggantikan vacuum advancer pada pengapian yang akan mengatur timing pengapian berdasarkan pada beban mesin mobil.

3. Knock Sensor

Sensor ini adalah komponen mesin yang memiliki fungsi untuk mendeteksi knocking pada mesin. Pada saat terjadi pembakaran yang tidak sempurna maka akan menghasilkan knocking yang menimbulkan suara ketukan pada dinding mobil.

4. Oil Pressure Sensor

Sensor ini berfungsi untuk mendeteksi adanya tekanan dalam tangki. Oil pressure sensor akan bekerja pada saat mesin mobil menyala, namun pada saat tekanan oli dalam mesin berkurang maka otomatis mesin mobil akan berhenti.

5. Intake Air Temperature Sensor

Sensor yang terletak berdekatan dengan filter udara ini berfungsi untuk mengetahui suhu udara yang masuk melalui intake manifold. Semakin dingin suhu udara maka akan membuat bahan bakar yang dikeluarkan melalui injector juga akan semakin banyak.

6. Water Temperature Sensor

Sensor ini berfungsi untuk mendeteksi suhu air pendingin yang mengimplementasikan suhu mesin. Water Temperature Sensor juga berfungsi untuk menjaga suhu mesin agar tidak berlebihan. Semakin rendah suhu pendingin maka akan membuat bahan bakar yang diinjeksikan semakin banyak.

7. Fuel Pressure Sensor

Sensor yang terletak jauh dari mesin ini berfungsi untuk mengukur tekanan bahan bakar dalam sistem. Fuel Pressure Sensor akan mendeteksi jumlah bahan bakar didalam tangki mobil. Tekanan dalam tangki bahan bakar akan terbentuk karena uap bahan bakar dan goncangan saat berkendara sehingga uap ini akan diolah menggunakan sistem charcoal canister.

Itulah beberapa jenis dan fungsi sensor pada mobil  yang wajib Anda ketahui. Seperti halnya manusia sensor mobil bermanfaat untuk membantu mobil berjalan dengan semestinya, maka dari itu Anda perlu melakukan perawatan pada mobil untuk membuat sensor-sensor pada mobil bekerja dengan baik.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *