Fitur Pada Mobil yang Jarang Dimanfaatkan

mobil second

Juegosbam – Pada saat Anda berencana untuk membeli mobil bekas di tempat jual mobil second, Anda pastinya akan memerhatikan fitur yang dimiliki oleh mobil seken tersebut. Apalagi saat ini banyak mobil sudah dilengkapi dengan beragam jenis fitur untuk menunjang kenyamanan serta keselamatan berkendara.

Sayangnya, meskipun berbagai fitur tersebut cukup penting dan sangat bermanfaat, ternyata ada beberapa fitur yang cukup atau bahkan sangat jarang digunakan, yaitu:

mobil second

1. Fitur Keselamatan Khusus Anak

Sebagian besar mobil mempunyai fitur keselamatan ISOFIX yang berada pada bagian bawah sandaran jok untuk penumpang di baris kedua. Anda bisa menggunakan fitur ini untuk mengaitkan car seat. Sehingga, dapat mencegah cedera fatal pada anak jika terjadi kecelakaan.

2. Mengunci Pintu Belakang dengan Child Lock

Ini sebenarnya fitur yang sudah ada sejak lama dengan tujuan mencegah pintu mobil terbuka akibat anak menarik tuas pintu. Jika tuas fitur child lock  ini dalam posisi aktif, maka pintu mobil hanya bisa terbuka dari luar.

3. Overdrive Off

Fitur ini berguna untuk mendapatkan efek engine brake pada jalan yang memerlukan akselerasi lebih cepat atau turunan.Ketika lampu indikator menyala, artinya O/D dalam kondisi off. Jika Anda menekan tombol O/D, maka lampu indikator akan mati. O/D hanya boleh diaktifkan dalam kondisi tertentu dan kecepatan di atas 60 KM/H.

4. Mode Berkendara

Umumnya ada 3 mode berkendara yang tersedia pada mobil, mulai dari Eco, Sport, dan Comfort atau Normal. Proses mengaktifkannya dengan tombol yang berada pada konsol tengah atau dasbor.

Ketika melalui tanjakan Anda dapat mengaktifkan mode Sport supaya respons mesin lebih agresif. Karena mode Sport membuat perpindahan gigi menjadi lebih tinggi dan pemakaian bahan bakar cenderung lebih banyak. Namun, mampu menghasilkan torsi dan tenaga maksimal pada mobil.

5. Auto Brake Hold

Fitur ini memiliki fungsi untuk menahan rem secara otomatis saat mobil sedang berhenti dan melaju. Letaknya ada pada bagian bawah tombol rem parkir versi elektrik di konsil tengah. Anda hanya perlu menekan tombol ABH saat ingin mengaktifkannya. Kemudian pada instrumen dashboard akan muncul tulisan Brake Hold atau lampu kecil pada tombol ABH akan menyala.

Beberapa fitur di atas bersifat umum yang artinya hampir semua mobil memilikinya, sementara ada juga yang hanya dimiliki mobil tertentu. Ada baiknya jika Anda berencana membeli mobil seken, ketahui semua fitur yang dimilikinya agar dapat Anda manfaatkan secara maksimal.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *