Istilah-istilah yang Harus Anda Pahami dalam Transaksi Mobil

cicilan mobil bekas bandung

Juegosbam – Sebelum mengajukan cicilan mobil bekas Bandung, maka sebagai calon pembeli ada baiknya Anda mengetahui beberapa istilah-istilah penting yang kerap kali muncul saat melakukan transaksi pembelian mobil bekas. Misalnya saja, OTR, TDP, Tenor, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, yuk, simak pembahasannya di bawah ini:

cicilan mobil bekas bandung

1. OTR (On The Road)

Bila Anda perhatikan dalam brosur-brosur jual mobil bekas, di bagian pricelist dan tabel simulasi cicilannya pasti tertera harga OTR. Melansir dari otomatif.kompas.com, harga OTR atau On The harga beli kendaraan yang sudah ditambahkan dengan segala macam proses legalisasi dokumen, seperti STNK, BPKB, hingga pelat nomor kendaraan..

2. Off The Road

Harga beli mobil yang tertera belum termasuk pengurusan surat-surat. Jika mengambil sistem cicilan Off The Road ini, maka Anda biasanya baru membayar cicilan kendaraan saja baru kemudian menyiapkan dana untuk mengurus dokumen-dokumen penting seperti BPKB, STNK, dan lainnya.

3. Total Down Payment (TDP)

Sesuai dengan namanya, Anda harus membayarkan sejumlah uang ketika membeli mobil bekas tersebut. Untuk jumlahnya sendiri sekitar 10-30% dari harga mobil. Penghitungan uang muka ini meliputi biaya untuk jasa kredit, asuransi, dan angsuran pertama. Biasanya pihak showroom menyediakan beberapa opsi untuk Anda membayar uang muka sesuai dengan tenor yang dipilih

4. Tenor

Istilah ini merujuk pada jangka waktu yang diberikan untuk pembayaran cicilan mobil bekas hingga lunas. Jangka waktu pelunasan ini mulai dari 1 hingga 5 tahun. Oleh karena itu, sesuaikanlah jangka waktu pelunasan dengan kemampuan Anda supaya tidak mengganggu kebutuhan yang lebih penting.

5. Asuransi Comprehensive/All Risk dan Total Loss Only (TLO)

Biasanya, saat membeli mobil bekas, pihak leasing menawarkan asuransi sebagai bentuk perlindungan terhadap mobil. Untuk asuransinya sendiri terdiri atas dua jenis, yaitu:

  1. Comprehensive (All Risk), asuransi yang akan menanggung semua kerusakan yang terjadi pada mobil Anda, baik itu ringan maupun berat. Nilai preminya antara 1,5-3% dari harga OTR mobil yang harus Anda bayar per tahun.
  2. Total Loss Only (TLO), hanya akan melakukan ganti rugi bila mobil Anda mengalami kerusakan di atas 70 % atau bila mobil Anda hilang. Premi per tahun yang harus dibayar sekitar 1% dari harga OTR

Itu dia beberapa istilah yang sebaiknya Anda pahami sebelum mengajukan pembelian mobil bekas. Semoga bermanfaat, ya!

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *