Mengenal Berbagai Jenis Kabel Listrik

kabel listrik

Juegosbam – Berbagai kebutuhan elektronik yang ada di rumah dan gedung semuanya dialirkan oleh kabel listrik yang membuat beberapa kebutuhan peralatan tersebut dapat berfungsi dengan baik. Hal inilah yang menjadikannya listrik dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh orang banyak, sehingga membuat semuanya bisa terdistribusi dengan baik.

Dengan begitu kabel telah menjadi bagian penting dalam kehidupan, karena memberikan berbagai manfaat dan aman untuk digunakan. Pada kesempatan kali ini kami mencoba mengajak Anda untuk mengenal dan memahami berbagai jenis kabel dengan berbagai fungsi dan kebutuhan. Yuk mari kita bahas bersama-sama, simak ulasannya secara lengkap.

kabel listrik

Jenis-Jenis Kabel

Dalam beberapa kabel yang tersedia sekarang ini semuanya memiliki kebutuhan dan fungsi yang berbeda-beda. Karena disesuaikan dengan bahan, tegangan, dan ukurannya, sehingga disediakan beberapa jenis kabel dengan berbagai penggunaannya. Berikut ini ada beberapa jenis kabel pada kebutuhan listrik, diantaranya yaitu :

1. Jenis Kabel NYY

Apabila Anda membutuhkan kabel yang diperuntukkan untuk bawah tanah dan area terbuka, rasanya kabel ini dapat menjadi pilihannya. Karena memang dikhususkan dan didesain untuk kebutuhan yang tahan pada medan-medan tersebut. Jenis kabel ini telah berisolasi dengan PVC, sehingga mendapatkan perlindungan yang lebih baik.

Tentunya kabel jenis ini lebih kuat dan memiliki harga yang lebih mahal, karena sudah dilapisi dengan isolator anti gigitan tikus dan tidak mudah sobek. Apabila untuk kebutuhan pada area dalam tanah dan terbuka sangat pas dan cocok, bahkan Anda dapat mengkombinasikan keamanannya dengan pipa besi atau PVC untuk perlindungan ganda.

2. Jenis Kabel NYA

Jika Anda membutuhkan kabel listrik untuk area dalam rumah atau aliran listrik terbuka, mungkin Anda dapat mencoba menggunakan kabel jenis NYA. karena bahannya terbuat dari tembaga tunggal dan bagian isolatornya dilapisi oleh PVC, sehingga cocok untuk digunakan pada instalasi dalam rumah dan beberapa kebutuhan untuk pada instalasi luar atau udara.

Untuk memberikan perlindungan dan kabel menjadi lebih awet, mungkin Anda dapat menggunakannya dengan melapisi bagian kabel dengan PVC. Dengan begitu akan lebih aman dari beberapa permasalahan seperti gigitan tikus, robek akibat benda tajam, dan sebagainya. Hal ini perlu diperhatikan dan membuat kondisi perumahan atau instalasi lainnya lebih aman.

3. Jenis Kabel NYAF

Jenis selanjutnya adalah jenis kabel NYAF yang memiliki inti tembaga yang berserabut dan mempunyai fleksibilitas yang tinggi. Sehingga apabila Anda membutuhkan instalasi yang mengharuskan untuk beberapa pengerjaan rumit pada prosesnya, mungkin instalasi dengan penggunaan kabel ini dapat menjadi alternatif pilihan.

Tetapi kabel jenis ini tidak begitu cocok untuk lingkungan terbuka, lembab, basah, dan kering. Karena hanya dilapisi oleh satu perlindungan PVC saja membuat kabelnya akan lebih rentan oleh kerusakan, sehingga tidak cocok untuk beberapa keadaan. Tentunya Anda harus memperhatikannya dan tidak sembarangan dalam penggunaannya.

4. Jenis Kabel NYMHY

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan kabel jenis ini, karena sering digunakan untuk kebutuhan instalasi pada beberapa rumah tangga yang menggunakan listrik 900 watt. Jenis kabel ini terdiri dari 3 bagian, pelindung luar, konduktor, dan isolasi dalam. Tentunya penggunaan ini telah dipertimbangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan yang ada.

Nah, itulah beberapa penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis kabel listrik dan penggunaannya. Sebenarnya masih ada banyak jenis kabel yang ada, tetapi beberapa penjelasan diatas telah memberikan beberapa kabel yang sering digunakan dan ditemukan dalam kehidupan.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *