Mengenal Ivermax 12, Bisa Sembuhkan Covid-19?

Ivermax 12

Juegosbam – Belakangan obat Ivermax santer sekali dicari banyak orang. Obat dengan jenis Ivermectin ini memang sempat viral karena ada claim dapat menyembuhkan virus Covid-19. Tapi benarkah claim tersebut? Sebenarnya obat Ivermax 12 ini? Mari simak terus artikel ini.

Tentang Ivermax 12

Ivermax adalah jenis obat anti parasite yang di dalamnya terdapat kandungan bahan Ivermectin 12 gram. Bisa dikatakan obat ini sendiri adalah untuk mengobati infeksi yang diakibatkan cacing atau jenis parasite lainnya. Pada umumnya Ivermax dapat mengobati beberapa jenis penyakit berikut ini:

Ivermax 12

Strongyloidiasis

Strongyloidiasis adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh cacing gelang dari spesies Strongiloides stercoralis. Di mana memang cacing yang satu ini adalah parasit yang dapat masuk ke dalam tubuh manusia. Cacing ini dapat hidup di iklim tropis maupun subtropics, seperti Indonesia.

Bila infeksi tidak ditangani dengan cepat, maka dapat menyebabkan diare, nyeri pada perut, bahkan bisa menyerang paru-paru dan bisa membuat pasien batuk seperti terkena bronchitis. Untuk gejala awal biasanya akan muncul ruam kemerahan yang gatal pada kulit.

Onchocerciasis 

Sedangkan Onchocerciasis adalah penyakit yang disebabkan oleh cacing gelang jenis Onchocerca volvulus. Penyebab infeksi cacing yang satu ini akibat dari gigitan lalat hitam yang sering ditemukan pada aliran sungai. Onchocerca volvulus ini menyerang bagian kulit dan mata, bahkan untuk kondisi yang akut dapat menyebabkan kebutaan dan kerusakaan pada kulit.

Instruksi Pemberian Obat Ivermax

Pemberian Ivermax dapat dilakukan kepada penderita yang memang sudah didiagnosa terkena infeksi cacing dari jenis tersebut. Sehingga pemberian obat ini harus dengan arahan dokter, meskipun Ivermax dapat dibeli di apotik.

Ada yang perlu diperhatikan sebelum mengkonsumsi obat ini, di mana perlu sekali berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter jika Anda dalam kondisi di bawah ini:

  • Sedang dalam keadaan hamil atau sedang proses perencanaan kehamilan.
  • Alergi terhadap bahan-bahan yang terkandung di Ivermax.
  • Obat sudah kadaluarsa.
  • Mempunyai riwayat penyakit hati dan ginjal.
  • Sedang menyusui.
  • Pernah dirawat karena penyakit Onchocerciasis.
  • Dalam masa pengobatan atau meminum obat lain sebelum diberikan Ivermax. Termasuk obat jenis lain yang dibeli di apotik.

Penggunaan obat lain bersamaan dengan Ivermax harus dilakukan dengan hati-hati. Karena bisa saja menimbulkan efek lain yang lebih hebat, terlebih jika Anda mengkonsumsi obat jenis Walfarin yang biasanya digunakan untuk menangani penggumpalan darah.

Untuk pasien anak yang memiliki berat dibawah 15 kilogram tidak disarankan. Tidak hanya itu saja, bagi pasien dengan usia lanjut pun juga harus berhati-hati ketika menggunakan Ivermax sebagai pengobatan.

Pemberian Ivermax kepada pasien akan ditentukan oleh dokter, karena dosisnya disesuaikan dengan berat badan pasien. untuk Onchocerciasis biasanya akan diberikan dosis tunggal sebesar 150 mg per kilogram berat badan, sedangkan untuk Strongyloidiasis akan diberikan dosis tunggal sebesar 200 mg per kilogram berat badan.

Perhatikan Efek Samping

Mengkonsumsi Ivermax memang harus dalam pengawasan dokter. Jika setelah Anda mengkonsumsi Ivermax mendapatkan beberapa efek yang akan disebutkan di bawah ini, segeralah hubungi dokter. Berikut ini efeknya:

  • Ruam atau kulit memerah dan gatal.
  • Gangguan pernafasan seperti sesak.
  • Pembengkakan pada bagian kaki atau tungkai.
  • Pusing hingga mual dan muntah.
  • Diare, sembelit atau hilang nafsu makan.
  • Kelelahan yang tidak biasa.
  • Dan lain sebagainya.

Dari penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa pembuktian bahwa Ivermax 12 dapat menyembuhkan Covid-19 hingga saat ini masih belum terbukti. Karena obat ini digunakan untuk penanganan infeksi yang diakibatkan oleh parasite cacing pita.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *