Pengertian, Penyebab, Cara Mengobati Penyakit Autoimun

penyakit autoimun

Juegosbam – Pernahkah Anda mendengar istilah penyakit autoimun? Apa sebenarnya penyakit ini? Apa penyebabnya, dan bagaimana cara mengobatinya. Nah, di bawah ini akan diberikan beberapa informasi penting mengenai penyakit ini.

penyakit autoimun

Pengertian Penyakit Autoimun

Autoimun adalah sebuah kondisi di mana sistem kekebalan seseorang menyerang tubuhnya sendiri. Pada umumnya, sistem kekebalan tubuh akan melindungi tubuh seseorang dari organisme asing yang masuk ke dalam tubuh seperti virus dan bakteri.

Namun, seseorang yang menderita autoimun tidak demikian. Sistem kekebalan tubuh pada penderita autoimun akan melihat tubuh yang sehat sebagai organisme asing. Sehingga ia akan melepaskan protein yang bernama antibodi untuk menyerang sel-sel dalam tubuh yang sehat.

Penyebab Penyakit autoimun

Sebenarnya, apa sih penyebab autoimun itu? Mengapa bisa sistem kekebalan tubuh justru menyerang tubuhnya sendiri. Perlu Anda tahu bahwa hingga saat ini belum diketahui apa penyebab penyakit ini.

Namun, ada beberapa faktor mengapa penyakit ini bisa terjadi pada seseorang yang meliputi beberapa hal di bawah ini.

1. Etnis

Penyakit ini menyerang etnis tertentu. Misalnya saja seperti Diabetes tipe 1 yang kebanyakan menyerang orang Eropa, lupus menyerang Afrika, Amerika. Sama juga dengan autoimun yang juga menyerang etnis tertentu.

2. Lingkungan

Paparan lingkungan juga bisa menyebabkan munculnya penyakit ini. Misalnya seperti bahan kimia, sinar matahari, infeksi virus dan bakteri, sehingga menyebabkan penyakit ini menjadi lebih parah.

3. Gender

Autoimun lebih rentan menyerang wanita dibandingkan dengan pria.

4. Riwayat keluarga

Jika ada anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit ini, bisa jadi anggota keluarga yang lain juga berisiko.

Cara Mengobati Autoimun

Sayangnya, penyakit ini belum bisa disembuhkan. Namun, ketika muncul gejala sejak dini bisa ditekan untuk mencegah terjadinya flare. Pengobatan penyakit ini juga cara mengatasinya berbeda, tergantung gejala setiap orangnya.

Biasanya, untuk menghilangkan rasa nyeri, dokter akan memberikan aspirin atau ibuprofen. Ada juga pasien yang melakukan terapi pengganti hormon atau juga diberikan obat penekan sistem kekebalan tubuh.

Seseorang yang mengalami penyakit autoimun biasanya akan lebih rentan terinfeksi penyakit lain. termasuk penyakit yang baru-baru ini menjadi wabah internasional yakni Covid-19. So, jaga kesehatan Anda dan jangan lupa konsumsi makanan yang sehat dan berolahraga untuk mencegah penyakit ini.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *